Rabu, 29 April 2015

Perkembangan Bayi 1 Bulan yang Perlu Kita ketahui

Perkembangan Bayi 1 Bulan

 Perkembangan Bayi 1 Bulan

Perkembangan Bayi 1 Bulan | Dua belas bulan pertama kehidupan bayi anda merupakan masa-masa tumbuh kembang bayi yang menakjubkan. Dalam waktu sesingkat itu buah hati anda akan berubah dari bayi yang bergantung sepenuhnya pada anda menjadi anak kecil yang mulai berjalan, berbicara dan menunjukkan tanda-tanda awal kemandirian. Berikut ulasan singkat perawatan dan perkembangan bayi 1 bulan.

Gerak refleks bawaan lahir meliputi:
  1. Mengisap - segera setelah lahir, bayi anda akan mulai mencari dan melekat pada payudara atau dot untuk makan.
  2. Mengeluarkan makanan - refleks mengeluarkan objek dari kerongkongan untuk menghindarkan bayi dari tersedak.
  3. Genggaman yang kuat - taruh jari anda dalam telapak tangannya dan rasakan cengkeramannya.
  4. Refleks moro - pada saat terkejut bayi akan tersentak ditandai dengan merentangkan kedua tangannya dan membuka genggamannya (terutama jika tidak ada pegangan).
  5. Naluri untuk melangkah - jika anda meletakkan kaki bayi pada permukaan solid sambil menopang tubuhnya, akan kelihatan bayi anda melangkah.
Meskipun pada perkembangan bayi 1 bulan sudah bisa memutar kepala pada saat dalam posisi tengkurap, namun leher mereka belum cukup kuat untuk menopang kepala pada posisi tegak. Karenanya jangan lupa untuk menopang kepalanya dengan tangan sewaktu mengangkatnya.

 Perkembangan Bayi 1 Bulan

Perkembangan Bayi 1 Bulan : Indera Penglihatan

Pada beberapa hari pertamanya mata bayi akan lebih sering tertutup tapi segera matanya akan mulai lebih sering terbuka. Bayi baru lahir hanya bisa melihat dengan jelas pada jarak dekat sekitar 25cm. Yang berarti bayi anda bisa melihat wajah anda saat menyusui, bahkan akan lebih suka menatap wajah anda dibandingkan objek lainnya karena pada dasarnya bayi lebih tertarik dengan wajah manusia. Mereka juga lebih menyukai objek berbentuk bulat dengan gelap dan terang yang kontras serta memiliki garis luar yang tajam karena lebih mudah dilihat.

Matanya juga mungkin terlihat juling pada saat ia mencoba fokus pada objek. Ini merupakan hal yang normal karena syaraf pengontrol mata bayi belum sepenuhnya berkembang. Namun jika hal ini berlanjut sampai usia 3 atau 4 bulan segera berkonsultasi dengan dokter anak anda karena ini mungkin merupakan tanda mata juling dan harus ditangani dengan segera.
Perkembangan indera pendengaran

Walaupun pendengaran bayi 1 bulan belum berfungsi sempurna namun bayi baru lahir sudah bisa mengenali suara terutama suara sang bunda yang didengarnya tiap hari dalam kandungan. Mereka terutama bereaksi pada suara lembut berirama tinggi dengan ritme yang lambat menenangkan. Bayi juga memiliki kemampuan untuk memblokir suara-suara yang mengganggunya agar bisa memperoleh istirahat yang cukup dan melindungi diri dari penggunaan panca indera yang berlebihan. Namun, jika bayi anda sepertinya tidak merespon pada suara apapun konsultasikan dengan dokter anak anda.

Perkembangan Bayi 1 Bulan : Indera Perasanya

Seperti kebanyakan anak yang lebih besar, bayi 1 bulan lebih menyukai rasa manis. Tapi indera perasanya belum cukup matang untuk membedakan asam dan pahit. Sedangkan indera penciumannya sudah berkembang sempurna dan sudah bisa membedakan bau puting ibu dan bau asi dalam beberapa hari pertama kehidupannya.

1 komentar:

  1. Coin Casino Canada 🎖️ $150 No Deposit Bonus Codes
    Get $150 free chips no deposit on deposit. Play over 200 slot and video worrione poker games in one transaction. Get $150 free 메리트 카지노 chips and bonus offers to use 인카지노 on

    BalasHapus